Cara Mudah Mengecek NPWP Secara Online

Salah satu kode yang paling penting untuk diingat oleh setiap orang adalah nomor NPWP. Namun, meskipun mengingat NPWP adalah sesuatu yang penting dilakukan, tetapi nyatanya masih banyak orang yang lupa akan nomor NPWP-nya sendiri. Maka dari itu, melalui artikel ini, Konsultanku akan membahas mengenai hal tersebut. Kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai cara mudah mengecek NPWP, baik secara online maupun offline.

an image

 

Pentingnya Mengingat Nomor NPWP

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) adalah nomor yang terdiri atas 15 digit angka Format dari nomor NPWP sendiri ialah berupa 99.999.999.9-999.999. Kode tersebut dianggap penting untuk diingat karena dapat menjamin data perpajakan seorang Wajib Pajak agar tidak tertukar dengan yang lainnya.

 

Dua digit pertama dalam NPWP menunjukkan identitas Wajib Pajak. Angka 01, 02, dan 03 adalah Wajib Pajak Badan. Angka 04 dan 06 adalah Wajib Pajak Pengusaha. Angka 05 adalah Wajib Pajak Karyawan. Kemudian, angka 07 sampai dengan 09 adalah Wajib Pajak Orang Pribadi.

Baca Juga:
Penghitungan dan Status Pajak bagi Pasangan Suami-Istri Bekerja
Jasa Travel Haji dan Umroh Kini Kena PPN, Simak Ketentuannya dalam PMK Nomor 71 Tahun 2022
Pajak Penghasilan PPh Pasal 21: Definisi, Dasar Hukum, Tarif, dan Waktu Penyetoran Serta Pelaporan Pajak
Panduan Lengkap Pajak Penghasilan PPh Pasal 22

 

Enam digit berikutnya menunjukkan Nomor Registrasi atau Urut yang diberikan Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak kepada Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Sementara itu, satu digit berikutnya memiliki fungsi sebagai alat pengaman untuk menghindari terjadinya pemalsuan atau kesalahan pada NPWP.

 

Kemudian, tiga digit selanjutnya adalah kode dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang menerbitkan NPWP tersebut. Jika terdaftar sebagai WP baru, maka kode tersebut merupakan kode tempat WP melakukan pendaftaran. Akan tetapi, apabila statusnya adalah WP lama, maka itu adalah kode tempat WP saat ini. Berikutnya, pada tiga digit terakhir dijelaskan status dari WP. Kode 000 berarti pusat atau tunggal. Sementara itu, 002 dan 003 berarti cabang, di mana angka akhirnya menunjukkan urutan cabang.

Baca Juga:
Tarif dan Mekanisme Pemungutan Pajak Digital di Indonesia
Upaya Minimalkan Pajak Secara Legal Dengan Tax Planning
Tax Planning Untuk Bisnis, Upaya Minimalkan Pajak Secara Legal
Apa itu Restitusi Pajak: Pengertian, Dasar Hukum, Tata Cara, dan Jangka Waktu Pengembalian


 

Lupa Nomor NPWP? Begini 3 Cara Mengecek NPWP Secara Online!

Untuk dapat menghafal nomor NPWP sejatinya merupakan pekerjaan yang cukup sulit dilakukan. Pasalnya, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, NPWP terdiri atas lima belas nomor. Jumlah tersebut tentu cukup banyak untuk dapat diingat seutuhnya. Namun, kini Anda tak perlu khawatir. Jika sampai Anda lupa dengan nomor NPWP Anda, maka Anda dapat mengeceknya secara online melalui cara-cara berikut.

 

1. Melalui Situs Resmi Pajak

Untuk mengecek NPWP melalui situs resmi pajak, maka langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke situs ereg.pajak.go.id. Setelah itu, masukkan 16 digit angka NIK pada kolom pertama dan 16 digit angka nomor KK pada kolom kedua. Berikutnya, masukkan kode captcha yang tampil di layar, kemudian klik tombol “Cari”. Terakhir, jika nomor NPWP masih aktif, maka nomor dan identitas lainnya akan langsung muncul secara otomatis.

 

2. Melalui Aplikasi DJP

Untuk mengecek NPWP melalui aplikasi DJP, maka Anda perlu mengunduh aplikasi tersebut. Jika sudah, silakan buka aplikasi DJP dan masuk menggunakan akun yang sama saat Anda mendaftar di website. Berikutnya, buka dashboard yang ada di dalam halaman web. Setelah itu, cek apakah nomor NPWP dan identitas lainnya tertulis di sana. Jika tidak, maka nomor NPWP kemungkinan belum aktif sehingga Anda harus mengkonfirmasinya lebih lanjut ke kantor pajak.

 

3. Melalui Telepon Kring Pajak (1500200)

Cara terakhir untuk mengecek NPWP secara daring adalah dengan menggunakan layanan telepon Kring Pajak di nomor 1500200. Petugas di bidang perpajakan akan menjawab dan mencarikan solusi terkait apa yang Anda tanyakan terkait pajak, termasuk kasus lupa nomor NPWP. Setelah itu, Anda cukup mengikuti panduan dari layanan tersebut dan nantinya akan mendapatkan informasi terkait nomor NPWP.


 

Cek NPWP Bisa Dilakukan Secara Offline, Bagaimana Caranya?

Selain melalui cara online, ada pula cara manual yang dapat Anda lakukan jika mengalami kelupaan terkait nomor NPWP. Caranya adalah dengan mendatangi langsung Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat atau yang sesuai dengan domisili KTP. Persyaratan yang dibutuhkan hanyalah KTP untuk nantinya dicocokkan dengan data NPWP yang tersimpan di perpajakan.

 

Tak hanya itu saja, Anda pun dapat mendatangi Divisi Pelayanan. Di sana, Anda hanya perlu menyampaikan tujuan Anda dan tunjukkan identitas Anda yang sesuai dengan saat daftar NPWP dahulu. Proses pengecekan juga tidak akan memakan waktu lama, selama data yang Anda berikan lengkap. Namun, prosedur pengecekan ini sedikit berbeda jika yang dicari adalah nomor NPWP Badan atau perusahaan. Lumrahnya, Anda perlu membawa Akta Perusahaan atau Badan, serta surat kuasa jika yang datang ialah staf perusahaan.


 

Kesimpulan

Pada intinya, mengingat nomor NPWP adalah suatu hal yang penting dilakukan. Namun, jika sampai Anda kesulitan untuk mengingatnya, maka Anda tak perlu cemas karena ada cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengecek nomor tersebut, baik secara online maupun offline. Jika Anda masih kesulitan untuk memahami NPWP ataupun membutuhkan bantuan dalam membuat jasa laporan SPT, Anda dapat memanfaatkan jasa penghitungan dan pelaporan SPT dari Konsultanku.

 

cara mengecek npwp, lupa nomor npwp, cara mengecek npwp hilang

cara mengecek npwp, lupa nomor npwp, cara mengecek npwp hilang

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi